Pages

08 Oktober 2011

LINGKUNGAN ORGANISASI

1.      Lingkungan
Lingkungan organisasi adalah elemen-elemen yang berada di luar organisasi tersebut dan secara potensial mempengaruhi kinerja organisasi.  Lingkungan dapat dibagi 2 yaitu :
  1. lingkungan eksternal
  2. lingkungan internal 

Lingkungan eksternal adalah seluruh kekuatan luar yang mempengaruhi organisasi.  Sedangkan lingkungan internal adalah suatu kejadian atau kecenderungan di dalam suatu organisasi yang mempengaruhi aktifitas organisasi tersebut.

Lingkungan eksternal sendiri dapat dibagi 2 yaitu elemen aksi langsung dan elemen aksi tidak langsung.  Elemen aksi langsung disebut stake holder atau pihak-pihak berkepentingan seperti konsumen, pamasok, pemerintah, serikat pekerja, pesaing, dengan penjelasan masing-masing adalah sebagai berikut : 
·         Konsumen
Adalah elemen lingkungan eksternal elemen aksi langsung yang memiliki kendudukan sangat penting dalam organisasi.  Hal ini karena konsumen adalah pengguna utama dari produk atas jasa yang dihasilkan suatu organisasi.  
·         Pemasok
Adalah pihak yang menyediakan bahan baku atau input/masukan bagi suatu organisasi yang akan menghasilkan jasa atau produk sebagai suatu output atau keluaran.
·         Pemerintah
Berperan sebagai pengawas, regulator, dan pendorong dunia usaha.  Dalam doktrin laissez-faire, peran campur tangan pemerintah diminta dibatasi yaitu hanya dalam hal regulator atau perumus perundang-undangan, agar iklim pasar bebas dapat terbentuk secara alami.
·         Serikat pekerja
Adalah elemen yang berfungsi menampung aspirasi para karyawan.  Adanya serikat pekerja membuat posisi tawar karyawan terhadap perusahaan semakin kuat.
·         Pesaing
Pesaing atau kompetitor adalah organisasi lain yang juga menawarkan produk atau jasa yang sama atau berlainan kepada para pelanggan.  Produk atau jasa tersebut dapat saja berlainan dengan produk organisasi kita.  Namun apabila memiliki pengaruh menarik minat membeli daripada para pelanggan kita, maka organisasi tersebut dapat digolongkan sebagai pesaing.


Elemen tidak langsung di antaranya adalah teknologi, ekonomi, politik, sosial budaya, demografi.  Penjelasan dari masing-masing adalah sebagai beikut :
·         Teknologi
Teknologi adalah pendorong utama perubahan.  Kemajuan teknologi akan menghemat dari sisi waktu, biaya, tenaga.
·         Ekonomi
Kondisi ekonomi secara nasional dapat berpengaruh ke organisasi.  Inflasi, kebijakan moneter, kebijakan fiskal, pengangguran, upah, dapat mempengaruhi kinerja organisasi.
·         Politik
Lingkungan politik juga berpengaruh ke dalam dunia usaha.  Pembahasan pencemaran lingkungan, undang-undang anti monopoli, pengaturan tentang merger, dan lain-lain dibahas lewat parlemen melalui proses politik.  Di dalamnya sedikit banyak terdapat kepentingan antara suatu kelompok terhadap kelompok lainnya.
·         Demografi
Adalah hal-hal yang meliputi beberapa variabel seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pendapatan, agama, dan lain-lain.

Sedangkan yang termasuk dalam lingkungan internal adalah budaya, karyawan, pemegang saham, dan dewan direksi.  Penjelasan masing-masing adalah sebagai berikut :
·         Budaya
Dapat diartikan sebagai sekumpulan nilai, keyakinan, pemahaman, dan norma pokok yang dibagi bersamaan oleh anggota suatu organisasi.
·         Karyawan
SDM adalah salah satu faktor penting dalam penunjang keberhasilan organisasi.  Oleh karena itu proses rekrutmen yang ketat, disertai pendidikan dan pelatihan, serta pengembangan karyawan, adalah penting agar tercapai peningkatan kualitas SDM untuk kemajuan perusahaan. Manfaat pengembangan lain dari sisi karyawan adalah adanya peningkatan motivasi kerja karyawan.  Jika motivasi menurun, dapat menimbulkan keinginan pindah kerja atau perputaran karyawan / turn over.  Hal ini dapat merugikan perusahaan karena kesinambungan proses pekerjaan sedikit banyak terganggu karena harus melatih karyawan baru.
·         Pemegang Saham
Adalah orang yang memiliki saham di perusahaan dan oleh karena itu berhak mempengaruhi sebuah keputusan lewat rapat umum pemegang saham.
·         Dewan Direksi
Adalah pihak yang bertanggungjawab menentukan tujuan organisasi, menentukan strategi mencapai tujuan, dan lain-lain.

Disamping lingkungan eksternal dan internal, beberapa ahli juga membagi lingkungan berdasar lingkungan khusus dan umum, serta lingkungan aktual dan lingkungan yang dipersepsikan. 

Lingkungan khusus adalah elemen dari lingkungan yang secara langsung relevan bagi organisasi dalam mencapai tujuannya.  Kapanpun, lingkungan khusus ini merupakan elemen lingkungan yang menjadi perhatian besar karena terdiri dari faktor-faktor yang secara positif atau negatif mempengaruhi efektifitas organisasi.  Misalnya asosiasi pedagang.  Sedangkan lingkungan umum adalah lingkungan yang berdampak ke organisasi, tetapi tidak begitu jelas relevansinya.  Misalnya rekayasa genetika di perusahaan farmasi.

Lingkungan aktual dan lingkungan yang dipersepsikan maksudnya adalah tiap orang memiliki cara pandang lingkungan yang berbeda-beda dalam mempersepsikan lingkungannya.  Ada yang mempersepsikan sebagai lingkungan umum, ada yang sebagai lingkungan khusus.

2.      Hubungan Organisasi dengan Lingkungan.

Organisasi memiliki hubungan dengan lingkungan.  Setiap organisasi menghadapi lingkungan yang berbeda-beda, dan memiliki ketidakpastian lingkungan yang berbeda-beda. 
A.    Ketidakpastian lingkungan.
Ketidakpastian lingkungan akan membuat manajer perlu mempelajari perubahan lingkungan dan langkah penyesuaian atas perubahan.  Elemen dari ketidakpastian lingkungan adalah ketidakpastian dan kompleksitas.  Ketidakpastian adalah kondisi di mana pimpinan perusahaan tidak memiliki informasi yang cukup mengenai kondisi lingkungannya.  Sedangkan kompleksitas adalah keragaman atau banyaknya elemen eksternal yang mempengaruhi organisasi.  Keragaman tersebut adalah sebagai berikut :
·         Ketidakpastian rendah
- Elemen lingkungan sedikit, elemen lingkungan berubah perlahan.
·         Ketidakpastian agak rendah.
- Elemen lingkungan berjumlah besar, elemen lingkungan berubah perlahan.
·         Ketidakpastian agak tinggi.
            - Elemen lingkungan berjumlah sedikit, elemen lingkungan berubah dinamis.
·         Ketidakpastian tinggi.
            - Elemen lingkungan berjumlah besar, elemen lingkungan berubah dinamis.

  1. Tekstur Lingkungan
Berdasarkan derajat komplesitas dan ketenangan, menurut Emery dan Trist dalam Dadang dan Sylvana (2007), ada 4 tekstur lingkungan, yaitu :
a.       Lingkungan  tenang acak.
Lingkungan paling sederhana, karena perubahan secara perlahan dan bersifat acak.  Misalnya toko sepatu, tas.
b.      Lingkungan tenang mengelompok.
Termasuk lingkungan cukup stabil, namun lebih kompleks dibanding lingkungan sebelumnya.  Misalnya industri perkayuan.  Cenderung stabil, namun jika terkena dampak isu perusakan lingkungan, dapat memngganggu kelangsungan usaha perusahaan.
c.       Lingkungan terganggu bereaksi.
Perubahan tidaklah bersifat acak, namun mengikuti pola tertentu.  Misalnya sepeda motor Honda dengan Yamaha saling bereaksi satu sama lain dengan memunculkan produk terbaru, apabila muncul produk baru oleh merk yang satu.
d.      Lingkungan kacau.
Memiliki kompleksitas tinggi, dengan perubahan sangat dinamis dan saling berkaitan.  Globalisasi, dan perkembangan teknologi, berperan dalam hal ini.  Misalnya industri telekomunikasi yang berkembang sangat pesat.

C.     Strategi mengendalikan lingkungan.
Untuk itu perlu ada strategi mengendalikan lingkungan.  Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut :
·         Menciptakan hubungan baik dengan elemen-elemen utama yang berpengaruh, meliputi :
a.       Integrasi dengan perusahaan lain.
b.      Kontrak jangka panjang.
c.       Pengangkatan eksekutif.
d.      Iklan dan Humas.
·         Mengendalikan lingkungan agar tidak berbahaya.
a.       Merubah bidang usaha.
b.      Bergabung dengan asosiasi sejenis.
c.       Aktivitas politik : mempengaruhi perundang-undangan.

3.      Lingkungan Global
Yaitu lingkungan yang berskala internasional yaitu antar negara dan cenderung semakin tidak memiliki batas-batas wilayah.  Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai lingkungan global, yaitu : 
a.       Proses Globalisasi
Proses globalisasi dilakukan melalui 4 tahap, yaitu :
·         Tahap Domestik
Potensi pasar masih di negara asal.
·         Tahap Internasional.
Adanya peningkatan ekspor
·         Tahap Multinasional.
Memiliki fasilitas produksi dan pemasaran di banyak negara.  Sepertiga dari penjualan berasal dari luar negeri asal.
·         Tahap Global.
Melakukan globalisasi secara penuh, di mana sumberdaya maupun penjualan dapat dilakukan di negara mana saja yang memiliki biaya terendah

b.      Lingkungan bisnis internasional
Meliputi lingkungan-lingkungan :
·         Ekonomi.
Merupakan kondisi ekonomi di negara organisasi internasional beroperasi.
·         Hukum dan politik
Adanya resiko dan instabilitas politik suatu negara.
·         Lingkungan sosial budaya.
Adalah budaya suatu bangsa yaitu berupa pengetahuan, keyakinan, nilai-nilai, serta model umum perilaku dan cara berpikir yang dianut bersama.

c.       Cara-cara memasuki lingkungan internasional :
·         Outsourcing.
Adalah pembagian tenaga kerja secara internasional.
·         Ekspor.
Adalah memasarkan produknya di negara lain dengan biaya sumberdaya yang relatif rendah.
·         Lisensi.
Dengan lisensi, perusahaan pemberi lisensi di suatu negara dapat memastikan sumberdaya tertentu tersedia untuk perusahaan di negara lain (penerima lisensi).
·         Investasi langsung.
Perusahaan terlibat dalam fasilitas manufaktur di negara lain, berupa pengelolaan aktiva-aktiva produktif. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
;