Pages

14 Maret 2012

PERKEMBANGAN KOMPUTER



Komputer berasal dari kata ‘COMPUTER’ (to compute) yang artinya menghitung. Komputer adalah alat yang dengan bantuan program akan mengolah data menjadi informasi dan bekerja secara sistematis untuk membantu meringankan tugas manusia berdasarkan instruksi yang diberikan kepada komputer. Faktor-faktor yang merupakan aspek teknis komputer adalah Hardware, Software dan Brainware.
Computer Annual menurut (Robert H. Blissmer) computer merupakan

Suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, antara lain :

> Menerima input
> Memproses input sesuai dengan programnya
> Menyimpan perintah dan hasil pengolahan
> Menyediakan output untuk informasi

Introduction to The Computer, The Tool of Busines (Wiliam M.Fuori)
     Suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (Definisi ini diambil dari American National Standart Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam satu pertemuan International Organization For Standarization Committe




SIKLUS PENGOLAHAN DATA

 
·         Origination
Proses pengumpulan data yang berupa proses pencatatan data ke dokumen dasar
·         Input
Proses memasukan data ke dalam proses komoputer melalui alat input (input device)
·         Processing
Proses pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung,membandingkan, mengklasifikasikan,mengurutkan, mengendalikan, atau mencari di storage
·         Output
Proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data dengan menggunakan alat output (output device), yaitu berupa informasi.
·         Distribution
Proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi
·         Storage
Proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan. Data yang disimpan dapat dipergunakan kembali sebagai alat input.

Hardware atau Perangkat Keras : peralatan yang secara fisik terlihat dan bias jamah.,Software atau Perangkat Lunak : program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data sedangkan Brainware : yaitu manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
Pada tahun 1945 merupakan taraf kelahiran komputer dimana ilmu perangkat keras dan perangkat lunak nenjadi satu kesatuan. Setelah ilmu komputer berkembang, maka ilmu perangkat keras dan perangkat lunak dikembangkan masing-masing. Ilmu perangkat keras komputer contohnya adalah pada teknologi tabung hampa udara elektronik (Vacuum Tube) ditemukan bahan semikonduktor yang dapat dibuat menjadi transistor. Saat ini, sistem untai terpadu (Integrated Circuit) jauh lebih efisien sehingga bentuk fisik komputer semakin kecil sedangkan kemampuannya semakin meningkat. Ilmu tentang perangkat keras komputer disebut Ilmu Teknik Komputer (Computer Engineering). Contoh pengembangan perangkat keras adalah pengembangan komputer yang bekerja dengan menggunakan cahaya. Aplikasi perangkat keras bertujuan untuk mengembangkan penerapan komputer sebagai alat bantu pada mesin-mesin yang lain.
Kemampuan kerja komputer lebih ditentukan oleh perangkat lunaknya daripada perangkat kerasnya. Aplikasi perangkat lunak terdiri dari Aplikasi Komputasi dan Aplikasi Administrasi. Contoh aplikasi komputasi adalah perancangan pesawat terbang dengan menggunakan komputer dan penelitian yang dilakukan oleh para ahli laboratorium dengan bantuan komputer. Sedangkan contoh aplikasi administrasi adalah membantu dalam menulis dokumen, menangani masalah akuntansi, pembuatan daftar gaji dan lain-lain. Bidang-bidang aplikasi khusus terdiri dari Computer Aided Design (CAD), Computer Aided Instruction (CAI) dan pengembangan teknik ROBOTIKA (Robotic).

Sejarah Perkembangan komputer

Kira-kira tahun 2600 SM, dikembangkan alat bantu untuk menghitung yang disebut Abacus (Swipoa).

  • Tahun 1642,
Blaise Pascal membuat suatu alat hitung mekanik yang dapat melaksanakan penambahan dan pengurangan sampai bilangan yang terdiri dari 6 angka.

  • Tahun 1694,
Gotfried Wilhelm Leibnitz mengembangkan mesin yang dapat melakukan empat jenis operasi aritmatika, yaitu perkalian, pembagian, penambahan dan pengurangan.

  • Tahun 1804,
Joseph Marie Jacquard mengembangkan operasi otomatisasi dengan bantuan kartu-kartu yang dilubangi dan kartu ini yang menjadi cikal bakal Punch Card. 
  • Tahun 1812,
Ø  Charles Babbage profesor dari Universitas Cambridge Inggris, menemukan alat yang berupa kepingan kayu yang dilubangi, dimana lubang-lubang tersebut adalah instruksi-instruksi yang harus dikerjakan oleh mesin tersebut dan alat ini disebut Difference Engine yang kemudian disempurnakan menjadi Analytical Engine.
Ø  Lady Augusta Ada Lovelace ahli matematika, menyempurnakan beberapa konsep dari mesin Charles Babbage.
  • Tahun 1980,
Holerith menciptakan Punch Card yang diilhami temuan Jacquard yang berhasil dalam perhitungan sensus di Amerika yang biasanya membutuhkan waktu 10 tahun menjadi 3 tahun saja. Kemudian Holerith mendirikan perusahaan sendiri yaitu Tabulating Machine Company yang selanjutnya bergabung dengan perusahaan lain yang membentuk perusahaan IBM (International Business Machine).
  • Tahun 1937,
John Vincent Attanasoff dan asistennya Clifford Berry mengembangkan prototipe komputer elektronik yang disebut ABC (Attanasof Berry Computer).
  • Tahun 1945,
John W Mauchly bersama dengan J Presper Eckert Jr berhasil membuat komputer elektronik yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator).

Perkembangan komputer sejak tahun 1950, pada umumnya dibedakan dengan batas generasi yaitu:

A. Komputer generasi pertama (1950-1959)

ENIAC dianggap sebagai awal kelahiran komputer generasi pertama.
Ciri-ciri komputer generasi pertama:
  • Untai elektroniknya menggunakan tabung hampa
  • Mempunyai memori yang sangat kecil/rendah
  • Membutuhkan panas yang sangat tinggi
  • Kecepatan pengolahan data sangat lambat
  • Ukurannya sangat besar
Beberapa jenis komputer generasi pertama adalah sebagai berikut:
◊ Mauchly dan Eckert berdasarkan konsep Von Newman membuat
    komputer yang lebih canggih daripada ENIAC yaitu EDVAC   
    (Electronic Discrete Variable Automatic Computer). Eckert dan
    Mauchly juga mendirikan perusahaan swasta yang membuat
    komputer komersial pertama yang disebut UNIVAC (Universal  
    Automatic Computer) dan saat ini perusahaan tersebut bergabung
    dengan perusahaan computer BURROUGH dengan nama baru
    UNISYS dan berhasil menjual mesin komputer komersial pertama
    yaitu UNIVAC I kepada biro sensus Amerika.
◊ Universitas Cambridge di Inggris membuat komputer yang diberi
    nama EDSAC (Electronic Delayed Stored Automatic Computer).

B. Komputer Generasi Kedua (1960-1965)

Kelahiran komputer generasi ini ditandai dengan penemuan semi konduktor. Contohnya adalah Germanium dan Silicon.
Ciri-ciri komputer generasi kedua adalah:
> Sudah menggunakan transistor
> Mempunyai memori rendah/kecil
> Pengolahan data sedikit lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi pertama
> Kebutuhan panasnya tidak terlalu tinggi
> Ukuran fisiknya lebih kecil dari komputer generasi pertama
Pada tahun 1947, John Bardeen, William Sockley, dan Walter Bratain menemukan transistor di Bell Laboratories.
Pada tahun 1960, komputer generasi kedua sudah beredar di pasaran yaitu UNIVAC 1107, HONEYWELL 1604, IBM 1400, IBM 1401, IBM 7090 dan lain-lain. Bahasa aras tinggi mulai dikembangkan oleh ahli perangkat lunak yaitu bahasa FORTRAN.

C. Komputer Generasi Ketiga (1965-1975)

Kelahiran komputer generasi ketiga ditandai dengan berkembangnya teknologi pembuatan untai terpadu (IC=Integrated Circuit)
Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:
> Ukuran komputer semakin kecil, tetapi kemampuan semakin meningkat
> Kecepatan lebih cepat
Pada tahun 1970, komputer generasi ketiga sudah dapat dibeli dipasaran yaitu IBM 360, IBM 370, IBM 390, UNIVAC 90/30.

D. Komputer Generasi Keempat (1975-sekarang)

Ciri-ciri komputer generasi keempat:
> Ukuran fisik menjadi semakin kecil
> Kecepatan mengolah sangat cepat (bertambah)
> Memorinya sangat besar
> Harga terus-menerus semakin murah
Pada tahun 1975, komputer generasi keempat mulai berkembang, dan sebagai contoh komputer yang lama yaitu, IBM 43xx, UNIVAC 11xx dan lain-lain.

E. Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima diharapkan merupakan suatu komputer yang mempunyai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence) yang artinya komputer tersebut nantinya akan mempunyai kepandaian menyerupai kepandaian manusia.

F. Super Komputer

Adalah sebutan untuk jenis komputer tercepat yang dapat diperoleh masa kini.
Super komputer banyak dipakai di laboratorium yang membutuhkan banyak perhitungan. Pabrik pembuat super komputer yaitu CRAY RESEARCH dengan komputer buatannya CRAY-1, CRAY-2, CRAY X-MP. Selain itu Control Data Corporation dengan komputer buatannya CYBER 205 serta perusahaan Jepang yaitu FUJITSU, NEC dan lain-lain.


Keunggulan komputer dibandingkan dengan manusia adalah dalam hal:
> Kecepatan  :  Komputer mempunyai kecepatan yang jauh melebihi manusia

> Ketelitian    : Komputer dapat melaksanakan pekerjaan yang   membutuhkan    
                       ketelitian yang tinggi. Sebagai contoh, komputer yang  
                       dirancang untuk aplikasi komputasi, dapat bekerja dengan  
                       ketelitian sampai puluhan digit di belakang titik desimal,
                       komputer digunakan untuk perhitungan untuk teknologi tinggi  
                       dan lain-lain.
> Keandalan : Komputer tidak memiliki mental sehingga komputer mampu
                       bekerja selama 24 jam secara terus-menerus tanpa mengalami
                       kelelahan mental. Problem yang dialami komputer adalah
                         kelelahan logam (metal fatique) yaitu pada umur tertentu
                         logam dapat mengalami aus.
Kemampuan komputer yang lain adalah kemampuannya dalam menyimpan data dalam jumlah yang sangat banyak dengan ketelitian yang tinggi.

G. Perkembangannya Komputer dan teknologi informasi sekarang

Pertumbuhan Teknologi Informasi telah menciptakan beraneka ragam kegiatan yang berbasis teknologi ini, seperti: e-government, e-commerce, e-education, e-medicine, dan sebagainya, yang semuanya berbasis elektronik. Dalam   kehidupan   kita   dimasa   mendatang, sektor  teknologi  informasi  dan  telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Dunia informasi untuk dikota besar sampai didaerah sudah mulai bisa diakses berupa layanan mobile phone, telephone selular ataupun media lainnya seperti laptop (notebook) dan PDA, XDA serta alat canggih lainnya dengan bantuan jaringan internet dari dalam gedung (hotspot) dengan wi-fi dan wi-max (media akses internet nirkabel diluar ruangan.
WI-FI  atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN), Peningkatan kuantitas pengguna Internet berbasis teknologi Wi-Fi yang semakin menggejala di berbagai belahan dunia, telah mendorong Internet service providers (ISP) membangun hotspot yang di kota-kota besar dunia.
“WiMAX” adalah akronim Worldwide Interoperability for Microwave Access. WiMAX merupakan standar teknologi yang memungkinkan diselenggarakannya akses wireless broadband pada last mile (end user) sebagai alternatif dari kabel dan DSL. WiMAX menyediakan fixed, nomadic, portable dan mobile wireless connectivity tanpa membutuhkan line-of-sight dengan base station. Pada radius sel yang dilayaninya 3 – 10 km sistem yang telah disertifikasi WiMAX Forum Certified™ dapat diharapkan melewatkan kapasitas sampai 40 Mbps per kanal untuk aplikasi akses fixed dan portable. Bandwidth yang tersedia akan cukup untuk mendukung secara simultan ratusan bisnis dengan kapasitas T1 dan ribuan pengguna rumahan dengan kapasitas setara DSL. Aplikasi untuk jaringan mobile diharapkan dapat mencapai kapasitas 15 Mbps dalam radius sel hingga 3 km. Diharapkan pada 2006 teknologi WiMAX sudah akan diadopsi ke dalam PDA notebook dan perangkat mobile gadget lainnya, memungkinkan area urban dan kota untuk menjadi “MetroZones” untuk portable outdoor broadband wireless access. WiMAX bukanlah teknologi baru, namun lebih inovatif dan secara komersial lebih memungkinkan adaptasi dari teknologi yang sudah terbukti untuk digunakan layanan broadband di seluruh dunia saat ini. Faktanya, wireless broadband access systems dari para anggota WiMAX Forum telah diselenggarakan di lebih dari 125 negara termasuk Indonesia . Artinya, anggota perusahaan dalam WiMAX Forum akan menjadi yang pertama membawa solusi standar ke pasaran, memungkinkan layanan broadband lebih cost-effective untuk diselenggarakan dalam skala luas. WiMAX dan Wi-Fi akan saling koeksis dan meningkatkan teknologi yang saling komplementer terhadap semua aplikasinya. WiMAX tidak diposisikan sebagai pengganti Wi-Fi. Justru, WiMAX akan komplemen dengan Wi-Fi dengan memperluas jangkauan dan layanan sebagaimana pengguna rasakan dengan Wi-Fi, namun dengan skala geografis yang lebih luas. Teknologi Wi-Fi didesain dan dioptimasi untuk Local Area Networks (LAN), sedangkan WiMAX didesain dan dioptimasi untuk Metropolitan Area Networks (MAN). Pada 2006-2008, diharapkan 802.16 dan 802.11 akan tersedia pada perangkat pengguna mulai laptop hingga PDA, keduanya akan menyediakan koneksi wireless connectivity langsung kepada pengguna di rumah, kantor dan saat bergerak (mobile).



Sumber:
-    J Longkutoy John, 1986, Pengenalan Komputer, PT. Mutiara Sumber Widya Offset, Jakarta.
-    Tutang, 2002, Pengenalan Komputer Bagi Pemula, D@TAKOM Lintas Buana, Jakarta.
-    Soen I Siauw, 1987, Belajar Sendiri Personal Computer, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
-    V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.
-    http://www.pataka.net/2005/07/17/wimax-forum-frequently-asked-questions-faq/
-    http://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi
-    www.affan.web.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
;