Komputer berasal dari kata ‘COMPUTER’ (to compute) yang artinya menghitung. Komputer adalah alat yang dengan bantuan program akan mengolah
data menjadi informasi dan bekerja secara sistematis untuk membantu meringankan
tugas manusia berdasarkan instruksi yang diberikan kepada komputer. Faktor-faktor
yang merupakan aspek teknis komputer adalah Hardware,
Software dan Brainware.
Computer Annual menurut (Robert
H. Blissmer) computer merupakan
Suatu alat elektronik yang
mampu melakukan beberapa tugas, antara lain :
> Menerima
input
> Memproses
input sesuai dengan programnya
> Menyimpan
perintah dan hasil pengolahan
> Menyediakan
output untuk informasi
Introduction
to The Computer, The Tool of Busines (Wiliam M.Fuori)
Suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (Definisi ini diambil dari American National Standart Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam satu pertemuan International Organization For Standarization Committe
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
·
Origination
Proses
pengumpulan data yang berupa proses pencatatan data ke dokumen dasar
·
Input
Proses
memasukan data ke dalam proses komoputer melalui alat input (input device)
·
Processing
Proses
pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses
menghitung,membandingkan, mengklasifikasikan,mengurutkan, mengendalikan, atau
mencari di storage
·
Output
Proses
menghasilkan output dari hasil pengolahan data dengan menggunakan alat output
(output device), yaitu berupa informasi.
·
Distribution
Proses dari
distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi
·
Storage
Proses
perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan. Data yang disimpan dapat
dipergunakan kembali sebagai alat input.
Hardware atau Perangkat Keras : peralatan yang secara
fisik terlihat dan bias jamah.,Software atau Perangkat Lunak : program yang berisi
instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data sedangkan Brainware :
yaitu manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
Pada tahun 1945 merupakan taraf kelahiran komputer dimana ilmu perangkat
keras dan perangkat lunak nenjadi satu kesatuan. Setelah ilmu komputer berkembang,
maka ilmu perangkat keras dan perangkat lunak dikembangkan masing-masing. Ilmu
perangkat keras komputer contohnya adalah pada teknologi tabung hampa udara
elektronik (Vacuum Tube) ditemukan bahan semikonduktor yang dapat dibuat
menjadi transistor. Saat ini, sistem untai terpadu (Integrated Circuit)
jauh lebih efisien sehingga bentuk fisik komputer semakin kecil sedangkan
kemampuannya semakin meningkat. Ilmu tentang perangkat keras komputer disebut
Ilmu Teknik Komputer (Computer Engineering). Contoh pengembangan
perangkat keras adalah pengembangan komputer yang bekerja dengan menggunakan
cahaya. Aplikasi perangkat keras bertujuan untuk mengembangkan penerapan
komputer sebagai alat bantu pada mesin-mesin yang lain.
Kemampuan kerja komputer lebih ditentukan oleh perangkat lunaknya daripada
perangkat kerasnya. Aplikasi perangkat lunak terdiri dari Aplikasi Komputasi dan Aplikasi
Administrasi. Contoh aplikasi komputasi adalah perancangan pesawat terbang
dengan menggunakan komputer dan penelitian yang dilakukan oleh para ahli
laboratorium dengan bantuan komputer. Sedangkan contoh aplikasi administrasi
adalah membantu dalam menulis dokumen, menangani masalah akuntansi, pembuatan
daftar gaji dan lain-lain. Bidang-bidang aplikasi khusus terdiri dari Computer Aided Design (CAD), Computer Aided Instruction (CAI) dan
pengembangan teknik ROBOTIKA (Robotic).
Sejarah Perkembangan komputer
Kira-kira tahun
2600 SM, dikembangkan alat bantu untuk menghitung yang disebut Abacus (Swipoa).
- Tahun 1642,
Blaise Pascal membuat suatu alat hitung mekanik yang dapat
melaksanakan penambahan dan pengurangan sampai bilangan yang terdiri dari 6
angka.
- Tahun 1694,
Gotfried Wilhelm Leibnitz mengembangkan mesin yang dapat melakukan empat jenis
operasi aritmatika, yaitu perkalian, pembagian, penambahan dan pengurangan.
- Tahun 1804,
Joseph Marie Jacquard mengembangkan operasi otomatisasi dengan bantuan
kartu-kartu yang dilubangi dan kartu ini yang menjadi cikal bakal Punch Card.
- Tahun 1812,
Ø Charles
Babbage profesor dari Universitas Cambridge Inggris, menemukan
alat yang berupa kepingan kayu yang dilubangi, dimana lubang-lubang tersebut
adalah instruksi-instruksi yang harus dikerjakan oleh mesin tersebut dan alat
ini disebut Difference Engine yang kemudian disempurnakan menjadi Analytical
Engine.
Ø Lady
Augusta Ada Lovelace ahli matematika, menyempurnakan beberapa konsep dari mesin
Charles Babbage.
- Tahun 1980,
Holerith menciptakan Punch Card yang diilhami temuan Jacquard yang
berhasil dalam perhitungan sensus di Amerika yang biasanya membutuhkan waktu 10
tahun menjadi 3 tahun saja. Kemudian Holerith mendirikan perusahaan sendiri
yaitu Tabulating Machine Company yang selanjutnya bergabung dengan
perusahaan lain yang membentuk perusahaan IBM (International Business
Machine).
- Tahun 1937,
John Vincent Attanasoff dan asistennya Clifford Berry mengembangkan
prototipe komputer elektronik yang disebut ABC (Attanasof Berry Computer).
- Tahun 1945,
John W Mauchly bersama dengan J Presper Eckert Jr berhasil membuat komputer
elektronik yang diberi nama ENIAC (Electronic
Numerical Integrator and Calculator).
Perkembangan
komputer sejak tahun 1950, pada umumnya dibedakan dengan batas generasi yaitu:
A. Komputer generasi pertama (1950-1959)
ENIAC dianggap
sebagai awal kelahiran komputer generasi pertama.
Ciri-ciri
komputer generasi pertama:
- Untai elektroniknya menggunakan tabung hampa
- Mempunyai memori yang sangat kecil/rendah
- Membutuhkan panas yang sangat tinggi
- Kecepatan pengolahan data sangat lambat
- Ukurannya sangat besar
Beberapa jenis
komputer generasi pertama adalah sebagai berikut:
◊ Mauchly dan
Eckert berdasarkan konsep Von Newman membuat
komputer yang lebih canggih daripada ENIAC
yaitu EDVAC
(Electronic Discrete Variable Automatic
Computer). Eckert dan
Mauchly juga mendirikan perusahaan swasta
yang membuat
komputer komersial pertama yang disebut
UNIVAC (Universal
Automatic Computer) dan saat ini perusahaan
tersebut bergabung
dengan perusahaan computer BURROUGH
dengan nama baru
UNISYS dan berhasil menjual mesin komputer
komersial pertama
yaitu UNIVAC I kepada biro sensus Amerika.
◊ Universitas
Cambridge di Inggris membuat komputer yang diberi
nama EDSAC (Electronic Delayed Stored
Automatic Computer).
B. Komputer Generasi Kedua (1960-1965)
Kelahiran
komputer generasi ini ditandai dengan penemuan semi konduktor. Contohnya adalah Germanium
dan Silicon.
Ciri-ciri
komputer generasi kedua adalah:
> Sudah menggunakan
transistor
> Mempunyai memori
rendah/kecil
> Pengolahan
data sedikit lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi pertama
> Kebutuhan panasnya tidak
terlalu tinggi
> Ukuran
fisiknya lebih kecil dari komputer generasi pertama
Pada tahun 1947, John Bardeen,
William Sockley, dan Walter Bratain menemukan transistor di Bell Laboratories.
Pada tahun
1960, komputer generasi kedua sudah beredar di pasaran yaitu UNIVAC 1107,
HONEYWELL 1604, IBM 1400, IBM 1401, IBM 7090 dan lain-lain. Bahasa aras tinggi
mulai dikembangkan oleh ahli perangkat lunak yaitu bahasa FORTRAN.
C. Komputer Generasi Ketiga (1965-1975)
Kelahiran komputer generasi ketiga ditandai dengan berkembangnya teknologi
pembuatan untai terpadu (IC=Integrated Circuit)
Ciri-ciri
komputer generasi ketiga adalah:
> Ukuran komputer semakin kecil, tetapi kemampuan semakin
meningkat
> Kecepatan
lebih cepat
Pada tahun 1970,
komputer generasi ketiga sudah dapat dibeli dipasaran yaitu IBM 360, IBM 370,
IBM 390, UNIVAC 90/30.
D. Komputer Generasi Keempat (1975-sekarang)
Ciri-ciri
komputer generasi keempat:
> Ukuran fisik menjadi
semakin kecil
> Kecepatan mengolah sangat
cepat (bertambah)
> Memorinya sangat besar
> Harga terus-menerus
semakin murah
Pada tahun 1975, komputer generasi
keempat mulai berkembang, dan sebagai contoh komputer yang lama yaitu, IBM
43xx, UNIVAC 11xx dan lain-lain.
E. Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima diharapkan
merupakan suatu komputer yang mempunyai Kecerdasan Buatan (Artificial
Intelegence) yang artinya komputer tersebut nantinya akan mempunyai
kepandaian menyerupai kepandaian manusia.
F. Super Komputer
Adalah sebutan untuk jenis komputer tercepat yang dapat diperoleh masa
kini.
Super komputer banyak dipakai di laboratorium yang membutuhkan banyak
perhitungan. Pabrik
pembuat super komputer yaitu CRAY RESEARCH dengan komputer buatannya CRAY-1,
CRAY-2, CRAY X-MP. Selain itu Control Data Corporation dengan komputer
buatannya CYBER 205 serta perusahaan Jepang yaitu FUJITSU, NEC dan lain-lain.
Keunggulan komputer
dibandingkan dengan manusia adalah dalam hal:
> Kecepatan :
Komputer mempunyai kecepatan yang jauh melebihi manusia
> Ketelitian : Komputer dapat melaksanakan pekerjaan yang membutuhkan
ketelitian
yang tinggi. Sebagai contoh, komputer yang
dirancang untuk
aplikasi komputasi, dapat bekerja dengan
ketelitian sampai
puluhan digit di belakang titik desimal,
komputer digunakan
untuk perhitungan untuk teknologi tinggi
dan lain-lain.
> Keandalan : Komputer tidak memiliki mental sehingga
komputer mampu
bekerja selama 24 jam
secara terus-menerus tanpa mengalami
kelelahan mental.
Problem yang dialami komputer adalah
kelelahan logam (metal
fatique) yaitu pada umur tertentu
logam dapat mengalami aus.
Kemampuan komputer yang
lain adalah kemampuannya dalam menyimpan data dalam jumlah yang sangat banyak
dengan ketelitian yang tinggi.
G. Perkembangannya
Komputer dan teknologi informasi sekarang
Pertumbuhan
Teknologi Informasi telah menciptakan beraneka ragam kegiatan yang berbasis teknologi ini, seperti: e-government,
e-commerce, e-education, e-medicine, dan sebagainya, yang semuanya berbasis
elektronik. Dalam
kehidupan kita dimasa
mendatang, sektor teknologi informasi
dan telekomunikasi merupakan sektor
yang paling dominan. Dunia informasi untuk dikota besar sampai didaerah sudah
mulai bisa diakses berupa layanan mobile
phone, telephone selular ataupun media lainnya seperti laptop (notebook) dan PDA, XDA serta alat
canggih lainnya dengan bantuan jaringan internet dari dalam gedung (hotspot)
dengan wi-fi dan wi-max (media akses internet nirkabel diluar ruangan.
WI-FI
atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi)
merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu
sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local
Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar
terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang
dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan
mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. Awalnya
Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal
(LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal
ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA)
untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal
dengan hotspot) terdekat. Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu
bekerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network
(WMAN), Peningkatan kuantitas pengguna Internet berbasis
teknologi Wi-Fi yang semakin menggejala di berbagai belahan dunia, telah
mendorong Internet service providers (ISP) membangun hotspot yang di kota-kota
besar dunia.
“WiMAX”
adalah akronim Worldwide Interoperability for Microwave Access. WiMAX merupakan
standar teknologi yang memungkinkan diselenggarakannya akses wireless broadband
pada last mile (end user) sebagai alternatif dari kabel dan DSL. WiMAX
menyediakan fixed, nomadic, portable dan mobile wireless connectivity tanpa
membutuhkan line-of-sight dengan base station. Pada radius sel yang dilayaninya
3 – 10 km sistem yang telah disertifikasi WiMAX Forum Certified™ dapat
diharapkan melewatkan kapasitas sampai 40 Mbps per kanal untuk aplikasi akses
fixed dan portable. Bandwidth yang tersedia akan cukup untuk mendukung secara
simultan ratusan bisnis dengan kapasitas T1 dan ribuan pengguna rumahan dengan
kapasitas setara DSL.
Aplikasi untuk jaringan mobile diharapkan dapat mencapai kapasitas 15 Mbps
dalam radius sel hingga 3 km. Diharapkan pada 2006 teknologi WiMAX sudah akan
diadopsi ke dalam PDA notebook dan perangkat mobile gadget lainnya, memungkinkan
area urban dan kota untuk menjadi “MetroZones” untuk portable outdoor broadband wireless access. WiMAX
bukanlah teknologi baru, namun lebih inovatif dan secara komersial lebih
memungkinkan adaptasi dari teknologi yang sudah terbukti untuk digunakan layanan
broadband di seluruh dunia saat ini. Faktanya, wireless broadband access systems dari para anggota WiMAX Forum
telah diselenggarakan di lebih dari 125 negara termasuk Indonesia . Artinya,
anggota perusahaan dalam WiMAX Forum akan menjadi yang pertama membawa solusi
standar ke pasaran, memungkinkan layanan broadband lebih cost-effective untuk diselenggarakan dalam skala luas. WiMAX
dan Wi-Fi akan saling koeksis dan meningkatkan teknologi yang saling
komplementer terhadap semua aplikasinya. WiMAX tidak diposisikan sebagai
pengganti Wi-Fi. Justru, WiMAX akan komplemen dengan Wi-Fi dengan memperluas
jangkauan dan layanan sebagaimana pengguna rasakan dengan Wi-Fi, namun dengan
skala geografis yang lebih luas. Teknologi Wi-Fi didesain dan dioptimasi untuk Local
Area Networks (LAN), sedangkan WiMAX didesain dan dioptimasi untuk Metropolitan
Area Networks (MAN). Pada 2006-2008, diharapkan 802.16 dan 802.11 akan tersedia
pada perangkat pengguna mulai laptop hingga PDA, keduanya akan menyediakan
koneksi wireless connectivity langsung kepada pengguna di rumah, kantor dan
saat bergerak (mobile).
Sumber:
- J
Longkutoy John, 1986, Pengenalan Komputer,
PT. Mutiara Sumber Widya Offset, Jakarta.
- Tutang,
2002, Pengenalan Komputer Bagi Pemula,
D@TAKOM Lintas Buana, Jakarta.
- Soen
I Siauw, 1987, Belajar Sendiri Personal
Computer, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
- V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer
Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.
- http://www.pataka.net/2005/07/17/wimax-forum-frequently-asked-questions-faq/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi
- www.affan.web.id
0 komentar:
Posting Komentar